Walaupun Sony dan Microsoft telah mengkonfirmasikan bahwa PlayStation 5 dan Xbox generasi terbaru sedang dalam proses perancangan, kita semua belum pernah mendengar bukti nyata perkembangan tentang mesin game terbaru tersebut. Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mendengar gosip, namun tidak ada kabar yang kuat berasal dari kedua perusahaan game tadi. Banyak game developer dan gamer memperbincangkannya tanpa henti dan terus menerus menyebarkan info yang didapatkan sedikit demi sedikit.

Salah seorang direktur teknis dari perusahaan pengembang game ternama baru-baru ini menyebutkan bahwa dia cukup skeptis apabila PlayStation 5 atau Xbox generasi baru akan memiliki RAM hingga 16 GB. Menurutnya rata-rata game yang beredar di pasaran tidak menggunakan RAM sebanyak itu. Kemungkinan RAM yang dipasang untuk kedua game konsol tersebut berkisar antara 8-12 GB. Lanjut lagi, menurut prediksinya yang akan ditingkatkan kemungkinan besar ada pada jumlah core prosesor. Akan sangat lumrah apabila game konsol generasi mendatang dari Sony dan Xbox menggunakan prosesor Ryzen 2600 atau yang sejenisnya. Karena prosesor tersebut sangat stabil, murah dan memiliki jumlah core yang cukup.

Direktur teknis ini juga lebih lanjut berbicara tentang kemungkinan perubahan pada sistem di mesin game generasi baru. Saat ini menurutnya mesin game masih belum dapat mengakomodir resolusi 4K secara maksimal, untuk itu kemungkinan besar VRAM dari mesin-mesin game akan menjadi fokus pengembang hardware.

Untuk sistem buffering game 4K, mesin diharuskan memiliki VRAM hingga 4 kali lipat. Jadi bisa saja pada mesin generasi mendatang kita tidak akan melihat sistem shared RAM seperti pada PS4 karena akan menyebabkan terjadinya bottleneck. Dapat dibayangkan jika PS5 atau Xbox terbaru akan memiliki RAM 8 GB dan VRAM 8 GB.

Akan sangat menarik untuk melihat hal-hal baru pada mesin game konsol generasi baru. Namun satu hal yang pasti, kita semua akan melihat lebih banyak gosip yang beredar sebelum pengumuman resmi dari Sony dan Microsoft.

Di gosip-gosip dunia game lainnya anda mungkin pernah membaca tentang nama PlayStation terbaru yang kemungkinan tidak dilabeli dengan nama PlayStation 5. Menurut Kenichiro Yoshida dalam wawancara dengan Financial Times, kemungkinan PlayStation akan menggunakan nama unik seperti yang dilakukan oleh Xbox. Walaupun begitu dalam wawancara tersebut Yoshida-san tidak benar-benar mengkonfirmasikan mengenai nama PlayStation terbaru, yang dia tekankan hanyalah tentang hardware generasi terbaru.

Hal menyenangkan dari PS5 yang berhasil dikonfirmasikan oleh kami hanya tentang kemampuannya untuk memainkan game-game PS4, yang merupakan fitur luar biasa yang disukai oleh pemilik game konsol PS4.


Tagar: #PlayStation 5 #PS5 #PlayStation terabaru #Xbox terbaru #Spesifikasi PS5 #Spesifikasi PlayStation 5 #Spesifikasi Xbox terbaru